Mentan Tidak Khawatir Ancaman Penghentian Impor Sapi

Livestockreview.com, Berita. Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan peternak lokal mampu memenuhi kebutuhan akan daging sapi maupun bakalan. Oleh karena itu, ancaman penghentian impor dari Australia tidak perlu dikhawatirkan.

“Salah satunya, banyak peternak yang menjerit karena harga dalam negeri jatuh,” kata Suswono di Pontianak awal minggu ini.

Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa ada bahan baku di dalam negeri, sedangkan kebijakan impor hanya untuk menutupi kekurangan.

Ia melanjutkan, mulai 1 Juni akan dilakukan Sensus Ternak untuk mengetahui secara pasti berapa kebutuhan daging dan bakalan di dalam negeri serta jumlah impor. “Sehingga populasi ternak dalam negeri juga dapat diketahui dengan pasti,” kata Suswono.

Ia menambahkan, sekitar 70% kebutuhan daging dapat dipenuhi dalam negeri. “Sisanya impor, dan 60 persen di antaranya dari Australia,” kata dia.

Ia mengakui belum mengetahui secara pasti mengenai ancaman penghentian impor tersebut. Ia juga heran karena selama ini tidak ada masalah dan ancaman tersebut baru disampaikan.

Australia menghentikan pasokan sapi potong hidup untuk Indonesia karena dituding melakukan kekerasan terhadap penanganan sapi asal negara tersebut.

sumber: antara | editor: soegiyono

About the author

Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.