Mentan Tidak Khawatir Ancaman Penghentian Impor Sapi

1,551
2

Livestockreview.com, Berita. Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan peternak lokal mampu memenuhi kebutuhan akan daging sapi maupun bakalan. Oleh karena itu, ancaman penghentian impor dari Australia tidak perlu dikhawatirkan.

“Salah satunya, banyak peternak yang menjerit karena harga dalam negeri jatuh,” kata Suswono di Pontianak awal minggu ini.

Menurut dia, hal itu menunjukkan bahwa ada bahan baku di dalam negeri, sedangkan kebijakan impor hanya untuk menutupi kekurangan.

Ia melanjutkan, mulai 1 Juni akan dilakukan Sensus Ternak untuk mengetahui secara pasti berapa kebutuhan daging dan bakalan di dalam negeri serta jumlah impor. “Sehingga populasi ternak dalam negeri juga dapat diketahui dengan pasti,” kata Suswono.

Ia menambahkan, sekitar 70% kebutuhan daging dapat dipenuhi dalam negeri. “Sisanya impor, dan 60 persen di antaranya dari Australia,” kata dia.

Ia mengakui belum mengetahui secara pasti mengenai ancaman penghentian impor tersebut. Ia juga heran karena selama ini tidak ada masalah dan ancaman tersebut baru disampaikan.

Australia menghentikan pasokan sapi potong hidup untuk Indonesia karena dituding melakukan kekerasan terhadap penanganan sapi asal negara tersebut.

sumber: antara | editor: soegiyono

Comments

  1. Harusnya Indonesia tak perlu khawatir akan hal tersebut, mengingat kita punya potensi sapi lokal yang mampu untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri, ,
    Tantanganya adalah bagaimana kita bisa bersama sama untuk mengelola sumber daya ternak lokal tersebut untuk memenuhi kebutuhan dlam negeri,
    perlu sebuah sinergisitas semua stakeholder yang berdasar pada nasionalisme untuk bersama sama mengatasi masalah ini, perlu kerendahan hati dan sedikit pengorbanan untuk permasalahan ini,..
    jika Thailand dan negeri2 di ASEAN saja bisa kenapa kita tidak..
    memang sebuah kesuksesan itu tidak instan, butuh pengorbanan dan kesabaran,
    “Berakit-rakit ke hulu,berenang-renang ke tepian”
    masa depanmasih panjang…

  2. Dengan perluasan peternakan sapi potong ternak lokal. Indonesia siap menghentikan impor sapi dari australia