Apa Itu Whey protein?

Livestockreview.com, Produk OLahan. Whey merupakan salah satu sumber protein dari produk peternakan, yakni dari susu sapi -yang dapat dimanfaatkan untuk bahan pangan yang penting bagi manusia.

Whey adalah hasil sampingan dari produksi keju yang tadinya pada waktu sebelumnya tidak dimanfaatkan, hanya dibuang begitu saja.

Namun saat ini,protein whey telah dimanfaatkan seluas-luasnya oleh industri makanan dan minuman. Whey termasuk dalam salah satu ingridien fungsional. Whey merupakan protein susu yang sulit digumpalkan. Jadi, ketika sebuah industri membuat keju misalnya, yang menggumpal adalah protein susu yang disebut kasein. Adapun protein lain, yakni whey tidak atau sulit digumpalkan. Maka, whey jaman dulu kerap dianggap sebagai hasil samping pembuatan keju.

Kini, berbagai riset membuktikan manfaat whey protein cukup besar, di antaranya sebagai antioksidan, antikarsinogenik, dan sekarang whey protein digunakan sebagai asupan utama untuk membangun otot tubuh. Whey juga banyak digunakan sebagai ingridien processed food seperti untuk baso, nugget, sosis, atau aneka snack.

Penggunaan whey protein juga lebih banyak ditujukan kepada konsumen yang memiliki perhatian yang lebih terhadap kesehatan, karena melihat dari sifat produk ini yang memang merupakan bahan baku produk makanan dan minuman yang memiliki aneka manfaat kesehatan karena kandungan berbagi zat gizi di dalamnya.

penulis: ria laksmi

About the author

Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.