Macam-macam Jenis Susu

Livestockreview.com, Produk Olahan. Susu yang kita minum setiap hari, merupakan produk minuman dari hasil peternakan, yang terdiri atas beberapa jenis susu, yang dibagi berdasarkan proses pengawetan dan kandungan lemaknya.

Susu pasteurisasi misalnya, dipanaskan di bawah suhu 100 °C. Pemanasan ini tidak mengubah komposisi gizi susu. Adapun susu ultra high temperature (UHT), mengalami pemanasan pada suhu tidak kurang dari 100°C selama waktu tertentu.

Lain lagi dengan susu homogenized. Artinya, lemak di dalam susu sudah disebar secara merata. Butirannya menjadi lebih halus, tetapi sifat dan rasanya tak berbeda dengan susu hasil pasteurisasi. Susu juga dibagi berdasarkan kandungan lemaknya. Filled milk adalah susu yang sebagian atau semua lemaknya diganti dengan lemak atau minyak nabati yang setara.

Contohnya, ada sweetened condensed filled milk atau evaporated filled milk. Beberapa jenis susu diproses dengan mengurangi sebagian jumlah airnya. Bergantung pada cara prosesnya, maka ada susu hasil penguapan (evaporated), susu kental manis (condensed milk), dan susu bubuk (baik yang instan atau non-instan). Instant milk powder adalah susu bubuk instan yang diproses dengan teknologi khusus.

follow our twitter: @livestockreview

penulis: rani wati | editor: ria laksmi

About the author

Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.