2013 ini, Konsumsi Daging Ayam Bakal Naik 15.79%

makan daging

Livestockreview.com, Bisnis. Kalangan industri perunggasan memproyeksikan, kebutuhan daging ayam naik sebesar 15,79%. Konsumsi daging ayam pada 2013 ini bisa mencapai 2,2 juta miliar ekor. Sedangkan konsumsi ayam pada tahun lalu sebesar 1,9 juta miliar ekor. Kenaikan konsumsi daging ayam ini karena kenaikan daya beli dari masyarakat.“Kenaikan penduduk hanya 1,6% per tahun dan tidak berdampak besar. Kenaikan konsumsi daging ayam per tahun 10%-15% ini karena kenaikan income,” kata Don P. Utoyo, ketua Forum Masyarakat Perunggasan Indonesia (FMPI).

Utoyo tidak berani memastikan, apakah kenaikan konsumsi daging ayam dipicu mahalnya harga daging sapi. “Daging ayam dan daging sapi punya pasar masing-masing,” kata Utoyo. Yang pasti kata Utoyo, kenaikan permintaan daging ayam membawa konsekuensi kenaikan harga daging ayam.

Saat ini saja, harga daging ayam di pasar mencapai Rp 28.000 sampai Rp 30.000 per kilogram. Tahun lalu, harga daging ayam sebesar Rp 24.000 hingga Rp 26.000 per kilogram. “Kenaikan harga daging ayam terjadi sejak Natal dan tahun baru terus naik,” kata Utoyo.

sumber: k0ntan | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview

About the author

Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.