Pabrik Susu Cimory Cabang Semarang Siap Beroperasi Pertengahan 2013

susuu2

Livestockreview.com, Bisnis. Cisarua Mountain Dairy atau Cimory adalah industri pengolahan susu baru, yang saat ini membangun pabrik di Kabupaten Semarang Jawa Tengah, dengan rencana operasi mulai pertengahan 2013 menyusul proses pembangunannnya telah mencapai 70%.Area Manager PT Cimory, Andika Putra R. mengatakan saat ini progres pembangunan pabrik pengolah susu yang berada di Jln. Sukarno Hatta, Karangjati, Ungaran, Kabupaten Semarang telah mencapai sekitar 70%. “Kami menargetkan pertengahan tahun ini atau sekitar Juli 2013 sudah bisa mulai beroperasi serta mampu menyerap susu perah hasil petani ternak di wilayah Kabupaten Semarang,”tuturnya.

Pihaknya berharap dengan mulai beroperasinya pabrik pengolah susu dengan luas sekitar 8.000 meter persegi itu, mampu menyerap sekitar 8.000 liter susu per hari dari petani ternak susu di wilayah Kabupaten Semarang. Susu sapi yang diserap dari peternak hanya akan diolah menjadi minuman susu cair, dan belum untuk dibuat yogurt maupun diversifikasi produk lainnya seperti pabrik Cimory yang di Cisarua, ujarnya.

Andika mengatakan langkah ekspansi Cimory, industri pengolah susu yang awalnya terletak di Bogor, Jawa Barat untuk melebarkan sayapnya dengan membangun pabrik baru di Kabupaten Semarang dikarenakan melihat potensi bisnis pengolahan susu di wilayah ini masih sangat prospektif.

Apalagi di Kabupaten Semarang merupakan salah satu sentra penghasil susu sapi terbesar kedua di Jateng setelah Boyolali, dan sesuai misi Cimory menaikkan taraf hidup peternak dengan menyerap hasil susu lokal serta mengurangi impor susu bubuk, tuturnya.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Semarang Anang Dwinanta mengatakan produksi susu sapi perah diwilayahnya saat ini terus mengalami petumbuhan minimal sekitar 7% setiap tahun.

Dengan keterlibatan perbankan sangat membantu pengembangan sapi perah di Kabupaten Semarang. Saat ini produksi susu sapi telah mencapai sekitar 60.000 liter/hari, dengan populasi sapi perah sekitar 39.000 ekor, tuturnya.

sumber: kont4n | editor: soegiyono 

follow our twitter: @livestockreview

About the author

Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.