Pandeglang Kembangkan Usaha Penggemukan Domba

domba2

Livestockreview.com, News. Ternak domba menjadi salah satu fokus Kabupaten Pandeglang, Jawa Barat dalam mengembangkan perekonomiannya. Ada dua pengembangan yang dilakukan, yakni budidaya dan penggemukan. Sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Pandeglang Winarno menyatakan usaha penggemukan domba di daerah itu cukup potensial karena itu akan terus dikembangkan.

Untuk budidaya, kata dia, difokuskan di Kampung Cinyurup, Kelurahan Juhut, Kecamatan Karangtanjung, sedangkan penggemukan di Desa Sindang Sari, Kecamatan Menes dan usaha ini telah berlangsung cukup lama. Warga Sindang Sari, kata dia, membeli anak domba kemudian dipelihara, setelah dewasa dan badannya gemuk dijual lagi. Domba yang dibeli seluruhnya pejantan, dengan pertimbangan selain cepat laku harganya juga relatif lebih mahal.

Mengenai dukungan yang diberikan pemerintah, menurut dia, dalam bentuk pendampingan dan pemeriksaan kesehatan ternak.¬†”Kami terus melakukan pendampingan, mulai dari cara mengurus domba hingga perawatan kesehatan. Tim secara rutin melakukan pemeriksaan terhadap kesehatan domba,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata dia, terus mendorong usaha peternakan domba, baik penggemukan seperti yang dilaksanakan warga Sindang Sari, maupun pengembangbiakan. Sebagai bentuk dukungan itu, kata dia, pada 2013 akan disalurkan bantuan bagi kelompok peternak domba guna mendorong pengembangan ternak hewan besar di daerah tersebut.

Khusus untuk kelompok peternak domba, kata dia, telah dialokasikan dalam APBD 2013 untuk pembelian 286 domba yang akan disalurkan pada 26 kelompok peternak, dan setiap kelompok akan diberi 11 ekor.

sumber: antar4 | editor: soeparno

follow our twitter: @livestockreview

About the author

Livestockreview.com didedikasikan untuk turut memajukan industri peternakan dan produk hasil olahannya di tanah air. Diasuh oleh para ahli di bidangnya, Livestockreview.com menjadi ajang update informasi bagi para pelaku bisnis dan industri peternakan Indonesia.